Publikasi

Dari Sleman Menuju Indonesia Sehat

Hari Kesehatan Nasional tahun 2011 ini diperingati secara meriah di Kabupaten Sleman. berbagai kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan peringatan HKN ke-47 ini. Peringatan ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan yang harus terus diperjuangkan oleh seluruh komponen bangsa.

Tema nasional peringatan HKN kali ini adalah “Indonesia Cinta sehat” dan di Kabupaten Sleman peringatan HKN kali ini mengambil sub tema “Mandiri Sehat dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat”. Melalui tema ini diharapkan agar seluruh komponen bangsa Indonesia bekerjasama secara sinergis untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatandan MDGs (Milenium Development Goals), yaitu dengan melakukan gerakan nyata dalam meningkatkan perilaku sehat masyarakat, menjaga lingkungan yang sehat dan mengupayakan rakyat agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil dan merata.

Dperingati dengan meriah

HKN ke-47 di Kabupaten Sleman diperingati melalui berbagai kegiatan, diantaranya yaitu senam dan jalan santai, lomba kebersihan dan kesehatan pasar tradisional, upcara bendera, seminar kesehatan dengan tema “Bersahabat dengan penyakit kronis”, gelar husada dan pertandingan futsal antar puskesmas.

Senam dan jalan santai diselenggarakan bagi para pegawai di lingkungan Pemkab Sleman, UPT, perwakilan RSUD, siswa-siswi sekolah dan masyarakat di sekitar perkantoran Pemkab Sleman. Sedangkan lomba kebersihan dan kesehatan pasar tradisional diselenggarakan untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat khususnya di kalangan para pedagang pasar tradisional.

Tampilkan unggulan dalam Gelar Husada

Kegiatan lainnya yaitu Gelar Husada merupakan kegiatan yang menjadi puncak acara peringatan HKN ke-47 di Kabupaten Sleman. Gelar Husada menampilkan berbagai macam potensi dari UPT Puskesmas di wilayah Kabupaten Sleman. Pada acara Gelar Husada ini juga dilaksanakan senam lansia, cek kebugaran, gerakan cuci tangan, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis, bazaar produk industri rumah tangga hasil binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, lomba lukis dan mewarnai untuk anak serta pameran potensi kesehatan. Pada kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh hiburan musik.

Penyelenggaraan Gelar husada ini mendapat sambutan meriah dari 25 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sleman. Masing-masing puskesmas menampilkan beragam program unggulan mereka, seperti pelayanan pemeriksaan kesehatan gigi dengan menggunakan mobil keliling oleh Puskesmas Depok 3, Program konseling kesehatan reproduksi, psikologi dan perpustakaan dari Puskesmas Mlati II serta program-program unggulan lain seperti pembinaan pengelolaan sampah mandiri serta kader “sebaya”.

Siap hadapi musim hujan

Gelar Husada ini selain sebagai upaya pembinaan kesehatan juga sekaligus untuk mendorong patisipasi masyarakat dalam membangun kesehatan melalui budaya hidup bersih dan sehat. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes, rangkaian kegiatan peringatan HKN ke-47 ini juga sekaligus merupakan kampanye gerakan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat Sleman. Terlebih lagi dalam menghadapi musim penghujan ini.

Menurut Mafilindati, Dinas Kesehatan bersama dengan seluruh UPT di bawahnya telah melaksanakan kampanye budaya hidup sehat dan bersih lingkungan. Selain itu juga melaksanakan kampanye gerakan mewaspadai penyakit pada musim hujan seperti sakit akibat nyamuk, diare, gangguan pencernaan dan leptospirosis.

Tindakan pencegahan juga telah dilakukan seperti sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyakit, melakukan desifeksi wilayah-wilayah yang dicurigai sebagai tempat penyebaran serta menyiap-siagakan 25 puskesmas di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman.

Dapat kado prestasi

Bertepatan dengan peringatan HKN ke-47 kali ini Kabupaten Sleman juga mendapatkan kado prestasi, yaitu dengan kembali diraihnya penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Shaba oleh Kabupaten Sleman. Selain itu, Bupati Sleman kali ini juga meraih penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arutala dari Presiden RI.

Penghargaan dalam bidang kesehatan ini memang bukan yang pertama kali diraih. Prestasi ini menunjukkan bahwa berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemkab Sleman bersama masyarakat dalam bidang kesehatan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Pembangunan kesehatan di Kabupaten Sleman telah menjadikan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Kabupaten Sleman menempati urutan ke-7 dari 440 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Comment here