Uncategorized

Wabup Buka Semiloka DPRD dan SKPD PNPM Mandiri Perdesaan

Data kemiskinan yang ada di Kabupaten Sleman diharapkan sama antara Badan Statistik kabupaten Sleman dan Instansi yang lain , agar mudah dalam penanganan kemiskinan di Kabupaten Sleman. Dengan kehadiran anggota DPRD diharapkan akan lebih mengetahui program yang dilakukan dalam program PNPM Mandiri yang melibatkan SKPD. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu, SS.M.Hum saat membuka Semiloka DPRD dan SKPD PNPM Mandiri Pedesaan di Vila Eden 2 Pakem Rabu 11 Juli 2012.  Lebih lanjut disampaikan wakil bupati Sleman bahwa  sementara ini peran perempuan dalam berbagai bidang masih sangat minim untuk itulah wabup minta agar  dalam setiap kebijakan pengambilan keputusan kedepan perempuan banyak dilibatkan. Mau tidak mau peran perempuan dalam pembangunan sangat diperlukan.

Dalam laporannya Kepala Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan dr. Endan Puji Astuti, M.Kes antara lain menyampaikan bahwa  semiloka tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen DPRD dan SKPD dalam rangka penanggulangan kemiskinan, memperkuat koordinasi lintas sektor dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan, juga menyusun rencana strategis program penanggulangan kemiskinan daerah, serta memperkuat forum DPRD dan SKPD dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa peserta dalam semiloka tersebut adalah DPRD, SKPD  yang terdiri BPPM Prop. DIY, Satker Propinsi DIY, satuan kerja perangkat daerah, camat, Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan kerja sama antar  desa (BKAD), BPD, serta Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan. Semiloka akan berlangsung selama dua hari Rabu dan kamis 11 dan 12 Juli 2012 bertempat di Villa Taman Eden 2 Pakem.

Bertindak sebagai nara sumber Koeswanto, SIP dari DPRD Kabupaten Sleman dengan materi fungsi dan peran DPRD Kabupaten  Sleman dalam mendukung PNPM Mandiri Perdesaan, Ketua TKPKD dengan materi Strategi dan kebijakan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sleman, Drg. Intri Yudatiningsih Kepala Bappeda dengan materi Perencanaan pembangunan melalui Musrenbang dalam PNPM Mandiri Perdesaan. Juga Best Practices (pengalaman terbaik) dari UPK kecamatan Berbah sebagai UPK terbaik nasional tahun 2012.

Comment here