Berita

UGM Bekerjasama dengan Sleman Dalam Bidang genetic Resources, Folklore dan Traditional Knowledge.

Universitas Gajah Mada kembali akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupten Sleman. Kerja sama yang akan dijalin itu dalam bentuk Bank Data Indonesia Indigenous Resoueces berupa genetic Resources, Folklore dan Traditional Knowledge. Hal tersebut dikatakan Rektor Universitas Gajah Mada, Prof Sujarwadi pada audensi dengan bupati sleman Sri Purnomo dan jajaran Pemerintah kabupaten Sleman di rumah dinas bupati Rabu 11 januari 2012. Menurut Sujarwadi, kabupaten Sleman memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah dan wilayah yang cukup luas untuk berinovasi seperti potensi ekonomi masyarakat sekaligus upaya pengulangan bencana alam yang dapat dimanfaatkan untuk ruang pembelajaran dengan penelitian.Potensi yang dimiliki Kabupaten Sleman sebagai tempat belajar mahasiswa UGM bersama masyarakat juga dapat mengkombinasikan Program-program yang digulirkan dari Pemerintah kabupaten Sleman, sehingga kedepan dapat berkembang sebuah keunikan kerjasama terpadu yakni kampus, Pemerintah Kabupaten Sleman dan masyarakat sebagai salah satu aktualisasi komitment kerakyatan UGM .Disisi lain dengan adanya kerjasama ini UGM dan Sleman kedepan bertekad ingin menjadi sentral eksen pembelajaran dan penelitian bagi pendidikan ditingkat dunia.

Pada kesempatan yang sama Guru Besar Kedokteran UGM Prof Sutaryo mengatakan wilayah sleman dari segi kosmologi merupakan daerah yang disucikan, dimana peradaban di Indonesia berawal dari Sleman yang tidak lepas dari keberdaan gunung merapi, kraton dan laut selatan. Diwilayah sleman terdapat sejarah dimana banyak bangunan candi yang berdiri di wilayah itu dengan banyak meninggalkan seni dan nilai-nilai budaya nenek moyang bangsa yang terkadung didalam nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.Dengan adanya bank data Indonesia Indigenous Resourses yang dapat digali dari Sleman diharapkan dalam jangka panjang akan membentuk jati diri bangsa Indonesia.

Sementara itu, Bupati Sleman, SRI PURNOMO mengatakan rencana kerjasama yang telah terjalin selama ini kedepan diharapkan dapat dikembangkan lebih optimal. Selian akan membawa Sleman dengan UGM semakin baik. Juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Secara teknis Bupati mendukung program yang akan dikerjasamakan dan perlu dibicarakan secara teknis kepada SKPD bersangkutan. Pihaknya optimis pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian yang dikombinasikan dengan potensi yang dimiliki kabupaten sleman diharapkan dapat membawa nama daerah maupun bangsa dimata dunia internasional.Yang terpenting banyak hal yang sudah dikembangkan UGM dan Kabupaten Sleman untuk lebih dioptimalkan agar pembanguan diwilayah Slemat dapat berjalan dengan cepat, tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya nenek moyang bangsa.

Comment here