Berita

Studi Banding Penetapan RAPERDA RPJMD Pemkot Pekalongan

“RPJMD Kota Pekalongan sebagai Dokumen Manajerial Strategis Pembangunan”

IMG_4807 800pxDalam melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, maka H. A. Alf Arslan Djunaid Walikota Pekalongan terpilih, dengan visi “Terwujudnya Kota Pekalongan yang Lebih Sejahtera, Mandiri dan Berbudaya Berlandaskan Nilai-Nilai Religiusitas”, telah menyusun dokumen manajerial strategis berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai acuan dan pedoman dasar pembangunan yang ingin dicapai daerah dalam periode 5 (lima) tahun ke depan.
Selain sebagai arah pembangunan RPJMD juga merupakan tolok ukur bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam menilai kinerja sebagai pertanggungjawaban Kepala Daerah, pada setiap akhir tahun anggaran serta pada akhir masa jabatan.
Sebagai bentuk komitmen Walikota terpilih untuk penetapan rancangan RPJMD Pemerintah Kota Pekalongan, H. A. Alf Arslan Djunaid memimpin langsung studi banding Raperda RPJMD di Kabupaten Sleman dengan peserta Slamet Prihantono PJ Sekda Kota Pekalongan, Tim Penyusun RPJMD, serta Pansus RPJMD DPRD Kota Pekalongan.
Dalam penjelasannya, H. A. Alf Arslan Djunaid mengatakan bahwa dipilihnya Pemerintah Kabupaten Sleman sebagai locus studi banding karena Pemerintah Kabupaten Sleman dengan kepemimpinan Bupati Sleman Sri Purnomo periode ke-dua dan Pemerintah Kota Pekalongan sama-sama dalam proses penyusunan RPJMD, dan RPJMD yang telah disusun Kabupaten Sleman telah memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional, RPJMD Provinsi, RTRW Kabupaten Sleman, kondisi lingkungan strategis di daerah, serta hasil evaluasi terhadap pelaksanaan RPJMD periode sebelumnya.
Rombongan studi banding diterima langsung oleh Sri Purnomo, didampingi Iswoyo Hadiwinarno PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, PJ Asisten Bidang Pemerintahan Jazim Sumirat, Asisten Bidang Administrasi R. Djoko Handoyo, Asisten Bidang Pembangunan Suyamsih, Bappeda, DPKAD, Inspektorat, APP, Bagian Hukum dan Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman.

Comment here