Berita

Sensus Pertanian Mulai Bulan Mei 2013

Dalam rangka penyelenggaraan sensus pertanian 2013 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sleman beraudiensi dengan Bupati Sleman pada Kamis, 31 Januari 2013. Dalam audiensi ini disampaikan bahwa sensus pertanian penting dilaksanakan disamping sensus yang dilakukan rutin setiap 10 tahunnya. Hal ini mengingat sektor pertanian merupakan lapangan pekerjaan yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi di Kabupaten Sleman yang merupakan daerah lumbung padi di Yogyakarta. Demikian seperti yang disamp[aikan oleh Drs. Harjana, Kepala Badan Statistik Sleman.
Melalui sensus ini diharapkan pemerintah mampu mendapatkan data yang dibutuhkan untuk mengetahui program pembangunan yang tepat bagi masyarakat. Oleh karena itu Sri Purnomo mendukung sensus pertanian ini. Diharapkan nantinya seluruh aparat desa dapat membantu terselenggaranya sensus yang lancar sehingga data yang ditampilkan sesuai dengan kondisi di lapangan. Sensus pertanian ini akan dilaksanakan selama satu bulan pada bulan Mei mendatang sedangkan proses perekrutan petugas sensus akan dimulai pada bulan Februari hingga Maret 2013.
Sensus pertanian 2013 ini akan melibatkan kurang lebih 1560 petugas sensus yang diambil dari masyarakat. Chatarina Anggarini, Kasi Statistik Produksi BPS Sleman menyatakan syarat-syarat yang harus dipenuhi petugas sensus diantaranya berusia maksimum 50 tahun, mengenal wilayah tugas dengan baik, berpendidikan minimal sma atau sederajat dan memiliki alat komunikasi yang aktif selama sensus berlangsung. Para petugas dapat mengajukan surat permohonan menjadi petugas survey ke Kantor Kecamatan masing-masing melalui KSK atau langsung ke Skreatriat KSK  di Kantor BPS di Jalan Pringgodiningrat No. 7 Tridadi Sleman.

Comment here