Berita

Sekda : PNS Harus Kuasai TI

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman dr. Sunartono, M.Kes mengatakan teknologi informasi (TI) saat ini berkembang pesat, untuk itu semua PNS harus menguasai TI. Menurut Sunartono pegawai Sleman setidaknya harus bisa mengoperasionalkan atau menggunakan TI. “Mau tidak mau, suka tidak suka kita bakal dilanda TI. Yang dulu kerja terpisah sekarang dengan TI bisa terintegrasi.”, ungkap Sunartono. Hal ini disampaikannya dalam Sosialisasi Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Mendukung Tata Laksana Kerja Pemerintah Daerah pada hari Kamis, 21 Mei 2015.

Penguasaan TI ini menurut Sunartono menjadi tanggungjawab bersama apalagi Sleman sudah mendapatkan penghargaan Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2015. Penghargaan yang diterima tersebut menurutnya menjadi tantangan Pemkab Sleman untuk bersungguh-sungguh mengelola TI. Sunartono juga menghimbau instansi-instansi di Sleman yang sudah memiliki sub domain untuk mengupdate materi yang ada.

Tantangan ke depan yang dihadapi Sleman adalah mempersiapkan sarana prasarana dan sumber daya manusia. Untuk itu perlu menyusun grand desain yang dilegalkan sehingga meskipun nantinya ada pergantian pejabat namun tujuan yang akan dicapai dalam jangka panjang tetap bisa berjalan sesuai apa yang direncanakan.

Sementara itu Bambang Dwi Anggono dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan tentang pentingnya TIK dalam proses reformasi birokrasi. Menurutnya reformasi birokrasi akan menjadi cepat dengan adanya TIK. Dengan TIK pola kerja yang konvensional akan berubah setelah memanfaatkan teknologi sehingga dapat merubah budaya birokrasi. Bambang Dwi Anggono mengatakan reformasi birokrasi bisa dimulai dengan langkah terkecil yaitu mengurangi penggunaan kertas dengan memanfaatkan aplikasi tata naskah dinas elektronik.

Comment here