Berita

Peneliti Jepang Studi Banding ke Sleman

 

Dua penelit asal kota Kagoshima, Jepang yang dipimpin oleh Prof. Masato Iguchi berkunjung ke Kabupaten Sleman pada hari Selasa (6/6) dan diterima langsungoleh Bupati Sleman, Sri Purnomo di Kantor Bupati Sleman. Tujuan dari kunjungantersebut adalah untuk studi banding terkait system penanggulangan bencanaakibat letusan gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

Kunjungan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Kagoshima untukmeningkatkan system penanggulangan bencana letusan gunung berapi yang ada di kota tersebut, yaitu gunung Sakurajima. Penanggulangan tersebut meliputievakuasi warga terdampak, evakuasi batu dan debu dari jalanan, pengobatandarurat dan evakuasi puing-puing akibat terjangan awan panas.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD (Badan PenanggulanganBencana Daerah), Heru Saptono yang turut hadir pada kesempatan tersebutmenyampaikan bahwa masyarakat harus selalu diberikan pembelajaran danedukasi terkait bencana letusan gunung berapi. Banyaknya korban jiwa akibatletusan gunung Merapi pada tahun 2010 lalu, menurut Heru salah satunyadiakibatkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat tentang penanggulanganbencana tersebut. Beberapa masyarakat terdampak letusan Gunung Merapi masihberpedoman pada sang juru kunci serta mengabaikan peringatan dari pemerintah.

“Untuk itu status juru kunci di Gunung Merapi sekarang sudah tidak ada, sekarangadanya Penghageng Acara Kabudayan. Maka nanti kalau Gunung Merapi maumeletus tanyanya bukan ke juru kunci lagi, tapi ke BPBD”, kata Heru dalamsesi tanya jawab.

Selain memaparkan system penanggulangan bencana letusan gunung berapi di Kabupaten Sleman, Bupati Sleman Sri Purnomo berharap Pemerintah KabupatenSleman juga dapat mengambil ilmu dan pengalaman terkait penanggulanganbencana letusan gunung berapi Sakurajima yang ada di Jepang.

Kunjungan tersebut merupakan pendahuluan dari kunjungan Wali Kota Kagoshima yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 24-26 Juni 2017 mendatang.Kunjungan tersebut dalam rangka memperlajari system penanggulangan bencanaletusan gunung berapi yang menjadi ancaman di Kota Kagoshima. GunungSakurajima yang terletak di Pulau Kyusu tersebut terakhir meletus pada Jumat 5 Februari 2016 lalu, dan berpotensi untuk terjadi letusan dahsyat dalam 30 tahunkedepan.

Comment here