Uncategorized

Pancoh, Sambi dan Wonogiri Dikukuhkan Jadi Desa Ekowisata

Untuk mengembangkan desa wisata di Sleman Selasa, 14 Februari 2012  telah dikukuhkan 3 Desa Ekowisata di Pancoh, Girikerto Turi. Ketiga desa  Ekowisata yang dikukuhkan adalah Desa Wisata Pancoh, Turi, Dusun Sambi Pakembinangun, Pakem dan Dusun  Wonogiri, Kertosari Puwobinangun Pakem. Pengukuhan dilakukan oleh Staf Ahli bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Dwi Supriyatno mewakili Bupati Sleman, Sri Purnomo. Dalam pengukuhan tersebut ditandai dengan penyerahan Sertifikasi oleh Drs. Dwi Supriyatno, MS. Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Kepala Dinas Budpar Drs, Untoro Budiharjo, Kepala desa Girikerto Suharto, BA dan Muspika kecamatan Turi.

Perwakilan dari Lembaga Pengembangan Teknologi Perdesaan (LPTP) mengatakan bahwa pengukuhan Ekowisata berbeda dengan wisata konvensional. Dalam Ekowisata terdapat perhatian besar terhadap kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Terwujudnya Dusun Pancoh dan desa lainnya yang bersih, nyaman, sehat, berbudaya melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan penataan lingkungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Di Dusun Pancoh juga ada beberapa paket antara lain : Kebun Bunga dan Salak Pondoh, Persawahan, Kolam Ikan, Budaya dan Kedenian, Sungai, Embung, Bangunan Kuno dan Kandang Ternak Konsumsi.

Dalam sambutan tertulisnya  Bupati Sleman antara lain mengatakan bahwa  Pemkab Sleman berterimakasih kepada Lembaga Pengambangan Teknologi Perdesaan atau LPTP yang telah membina dan mendampingi masyarakat Padukuhan Pancoh Girikerto Turi, Padukuhan Wonogiri dan Sambi Pakembinangun, dalam mewujudkan sebuah Desa Ekowisata di Kabupaten Sleman. Saya berharap, Desa Ekowisata ini dapat terus berkembang. Oleh karena itu, seluruh warga masyarakat di ke tiga Desa Ekowisata tersebut harus terus berkreasi menghadirkan Desa Ekowisata yang bercirikan keserasihan dan konservasi Lingkungan. Terlebih di ketiga padukuhan tersebut telah ditunjang dengan kondisi alam yang sejuk khas padukuhan Lereng Merapi sebagai keunggulan komperatif yang dimiliki ketiga Desa Ekowisata tersebut. .

Diharapkan melalui ekspo Desa Ekowisata ini diharapkan akan mampu membawa pengaruh positip bagi kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Terlebih lagi, pasca Erupsi Merapi di akhir 2010 yang lalu, kawasan lereng Merapi menjadi kawasan terdampak langsung, dan masyarakat lereng Merapi sempat mengalami keterpurukan di berbagai bidang. Dengan keberadaan Desa Ekowisata ini, tentunya menjadi suatu peluang bagi masyarakat untuk kembali menghidupkan kepariwisataan di Lereng Merapi.

Kepada masyarakat Pancoh, Wonogiri dan Sambi, diharapkan agar jangan latah, semangat untuk mengembangkan Desa Ekowisata ini jangan sampai padam bahkan terus dipupuk dan dikembangkan agar Desa Ekowisata ini menjadi semakin terkenal dan semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Jadilah tuan rumah dan penggerak pariwisata yang baik bagi wisatawan yang datang. Kembangkanlah kemampuan bahasa asing agar dapat melayani wisatawan manca negara juga. Dengan semakin terkenalnya Pancoh, Wonogiri dan Sambi, suatu saat pasti akan semakin banyak orang asing yang datang, sehingga tak bisa terus-menerus mengandalkan tokoh-tokohnya saja. Bahkan pemudanya harus aktif untuk terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya agar bisa memberikan layanan yang baik.***

Comments (1)

  1. makasih ats infonya sangat menarik dan artikelnya juga sangat berkualitas
    http://goo.gl/Q2JDu

Comment here