BeritaEvents

PAMERAN POTENSI DAERAH DAN GELAR BUDAYA KABUPATEN SLEMAN 2013

Setiap tanggal 15 Mei 2012, Pemerintah Kabupaten Sleman  akan memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan hari jadi adalah penyelenggaraan Pameran Potensi daerah dan gelar ragam budaya Sleman. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk menginformasikan kebijakan, hasil pembangunan daerah  serta pengembangan potensi dan budaya daerah kepada masyarakat luas.

 

Pengetahuan dan pemahaman tentang  kebijakan  dan hasil pembangunan daerah sangat diperlukan untuk meningkatkan kebersamaan   dalam mewujudkan visi pemkab Sleman, yakni mewujudkan masyarakat Sleman yang lebih Sejahtera lahir dan batin, berdaya saing dan bewawasan gender. Kelancaran dan keberhasilan Pemkab Sleman didalam mewujudkan visi tersebut tidak dapat dilakukan sendiri oleh Pemkab Sleman, tetapi harus didukung oleh peran swasta dan masyarakat.  Terlebih  disaat ini pemkab Sleman tengah melakukan berbagai upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pasca erupsi merapai di berbagai aspek yakni ekonomi, sosial, pendidikan, infrastruktur, budaya maupun dan peningkatan penyelenggaraan Pemerintahan daerah. Disisi lain didalam penyelenggaraan kepemerintahan yang baik, Pemerintah daerah juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam mengakses serta mengembangkan berbagai potensi masyarakat.

 

Berkenaan dengan hal tersebut, maka di dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 97 Tahun 2013 akan dilaksanakan  Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya Kabupaten Sleman Tahun 2013 yang dilaksanakan berkerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS). Secara konseptual kegiatan tersebut merupakan kolaborasi berbagai aktivitas yaitu Pameran Potensi Daerah, Gelar Budaya Sleman dan Pameran Pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional.

 

Animo pengunjung dari tahun ke tahun terus meningkat. Rata-rata setiap hari tidak kurang  10.000 ribu penonton. Pengunjung berasal dari berbagai lapisan masyarakat dan diharapkan mampu menghadirkan pengunjung dari luar Kabupaten Sleman. Hal ini dikarenakan didalam pelaksanaannya juga dipublikasikan melalui berbagai media masa selain juga mengerahkan pelajar dari semua sekolah di lingkup wilayah Sleman.

TUJUAN

Tujuan diselenggarakannya pameran adalah :

  1. Menginformasikan kebijakan dan hasil pembangunan daerah;
  2. Gelar karya siswa SD – SMA/SMK dan PAUD di Kabupaten Sleman;
  3. Mempromosikan dan mengenalkan pasar produk-produk yang dihasilkan masyarakat Sleman untuk mendukung pengembangan pariwisata;
  4. Menggali dan mengembangkan potensi budaya dan seni masyarakat Sleman;
  5. Sarana transaksi perdagangan jangka pendek maupun jangka panjang bagi para pengusaha kecil dan menengah serta sarana hiburan yang mendidik, menambah wawasan dan pengetahuan pada masyarakat.

 

BENTUK KEGIATAN  DAN TEMA  :

Kegiatan  : ”PAMERAN POTENSI DAERAH DAN GELAR BUDAYA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2013”

Tema       : ”GUYUB RUKUN GOLONG GILIG, MENGEMBANGKAN POTENSI DAN BUDAYA DAERAH UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Kegiatan ini merupakan kegiatan pameran informasi kebijakan dan kegiatan pembangunan, multi produk, panggung seni dan budaya, festival seni siswa tingkat SD, SMP -SMA/SMK  setiap hari, berbagai lomba dan festival band antar siswa SLTA/SMK.

 

SASARAN DAN PESERTA :

Sasaran adalah masyarakat Sleman dan DIY umumnya, pelaku bisnis dan anak anak sekolah. Peserta pameran terdiri dari : Dinas/Instansi/kecamatan di Kabupaten Sleman, sekolah dan perguruan tinggi, perajin dan UKM, kelompok tani, organisasi sosial /masyarakat, perusahaan dll.

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

1. Waktu          :   26 April   –  5  Mei  2013 ( 10 hari )

Pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.

2. Tempat        :   Kompleks Gedung Serba Guna  Sleman, Lapangan

Denggung, Lapangan Pemkab Sleman, dan Taman Kuliner

 

RANGKAIAN ACARA HARI JADI

1. Jadwal Gelar Budaya

2. Jadwal Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni

Comment here