Berita

Muharram, Bulan Tepat Untuk Introspeksi

Menyambut Tahun Baru Hijriyah 1434 H beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan Kantor Kementrian Agama Sleman menyelenggarakan pengajian rutin dalam rangka menyambut tahun baru hijriah. Hadir dalam acara ini Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Sleman Drs. Kuntadi, Kepala Kantor Kemenag Sleman, Drs. H. Edhi Gunawan, MPdI dan Kepala BAZ Sleman. Acara dibuka oleh group hadrah Mahabbaturrosul dari MIN Tempel.
Acara ini merupakan acara yang rutin digelar oleh Pemkab Sleman yang bertujuan untuk meningkatakan keimanan dan ketaqwaan masyarakat. Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan bagi masyarakat yang dinilai kurang mampu. Akan tetapi berbeda dengan penyerahan bantuan sebelumnya, kali ini pemberian bantuan juga diserahkan bagi korban bencana alam angin puting beliung pada 1 November 2012 yang lalu.
Selain itu diserahkan juga bantuan secara simbolis. Bantuan pendidikan diberikan kepada Nur Indah Lestari dari Sambirejo, Kecamatan Prambanan, bantuan bagi warga kurang mampu diterima oleh  Ny. Mujiyanani dari Sariharjo, Ngaglik, bantuan renovasi masjid diterima oleh panitia pembangunan masjid Al Hidayah, Margodadi, Seyegan sedangkan bantuan untuk lembaga LPTQ diterima oleh KUA Prambanan.
Dalam sambutannya, Drs. Kuntadi menyampaikan bahwa tahun baru ini seyogyanya dapat dijadikan momentum yang tepat untuk merefleksikan kembali hal-hal yang telah dilakukan tahun sebelumnya. Dengan datangnya tahun baru hijriah ini, masyarakat juga dihimbau untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sehingga di masa mendatang dapat menjadi umat yang lebih baik. Hal yang sama juga disampaikan oleh penceramah pengajian yaitu KH. Muhammad Kosim Ali Mustofa, bahwa bulan Muharram adalah bulan yang tepat untuk kembali melakukan introspeksi dari tahun sebelumnya selain karena bulan ini menandai tahun yang baru namun juga karena bulan ini merupakan bulan dimana Al Quran turun pertama melalui Rasulullah SAW.

Comment here