Berita

Komisi A DPRD Kab. Tulungagung Studi Banding Ke Sleman

Pemerintah Kabupaten Sleman Selasa, 7 Pebruari 2012 di Ruang Rapat Sekda B menerima tamu dari Komisi A DPRD Kab. Tulungagung sejumlah 19 orang yang dipimpin Koordinator Komisi A DPRD Kab. Tulungagung Drs. Isman. Maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahui kebijakan-kebijakan bidang pendidikan dan pendanaan di Sleman.

Rombongan diterima oleh Assekda Bidang Pemerintahan Sunaryo. Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Sleman antara lain menyampaikan pula bahwa bagi Pemerintah Kabupaten Sleman, pembangunan sektor pendidikan khususnya pendidikan dasar telah menjadi prioritas pembangunan. Karena hal ini merupakan salah satu pilar pembangunan yang penting sebagai pembentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas demi mewujudkan visi masyarakat Sleman yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

Dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pen­di­­dikan dasar, Pemkab Sleman juga senantiasa meningkat­kan  pe­ran serta semua pihak untuk terlibat dan peduli kepa­da pendidik­an anak, salah satunya adalah dengan meningkatkan peran masyarakat dan swasta untuk menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia dini.

Sebagai konsekuensi dari desentralisasi pendi­dikan, Ka­bu­paten Sleman secara serius mengelola pendi­dikan dasar dan menengah. Dengan adanya desentralisasi ini, daerah dapat me­nyu­sun sub sistem pendidikannya sesuai de­ngan kondisi dae­rah­­nya sendiri, namun tidak lepas dari sistem pendidikan nasio­nal. Dengan kewenangan tersebut Kabupa­ten Sle­man berupaya menyiapkan kurikulum yang ber­basis pada kearifan lokal. Salah satu upaya ini adalah kedepan Pemkab. Sleman akan lebih memfokuskan pada pembentukan karakter atau character building.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa pembiayaan bidang pendidikan di Kabupaten Sleman pada tahun 2012 ini, mencapai Rp. 709,32 Milyar atau  49,26% dari total APBD tahun 2012. Dalam alokasi tersebut, kami juga mengalokasikan untuk bantuan pendidikan dan beasiswa, yang pada tahun 2011 jumlahnya mencapai Rp. 7 Milyar, sedangkan pada tahun 2012 ini, bantuan pendidikan dan beasiswa meningkat 57%  menjadi Rp. 10,99 Milyar. Bantuan pendidikan dan beasiswa ini diperuntukan bagi siswa SMA dan SMK dari keluarga kurang mampu. Direncanakan, Bantuan Pendidikan dan Beasiswa ini kami berikan kepada 3.191 siswa SMK yang besarnya  Rp. 2.400.000 per siswa/tahun, dan bagi 425 siswa SMA yang besarnya Rp. 2.040.000 per siswa/tahun.

Demikian juga, melalui APBD Kabupaten Tahun 2012 mengalokasikan dana untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah atau BOSDA yang besarnya mencapai Rp. 17,438 Milyar. BOSDA di tahun 2012 ini, meningkat 5 % dari anggaran BOSDA tahun 2011. Kami juga akan memberikan Bantuan Penyelenggaraan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional SD dan SMP sebesar Rp. 2,194 Milyar, dan Bantuan Penyelenggaraan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional SMA dan SMK sebesar Rp. 1,377 Milyar. Selain itu, kami juga akan memberikan makanan Tambahan untuk Anak Sekolah  berupa  299.520 kotak susu dengan nilai nominal Rp. 929, 975 Juta.

Pemerintah Propinsi DIY juga memberikan dana untuk BOSDA Propinsi untuk Kabupaten Sleman sebesar Rp. 20,985 Milyar. BOSDA Propinsi ini akan diberikan kepada siswa SMP sebesar Rp. 180 ribu per siswa per tahun, dan siswa SD sebesar Rp. 130 ribu per siswa per tahun. Pada tahun 2012 ini, Pemkab Sleman menerima dana BOS sebesar Rp. 51,42 Milyar  untuk SD dan Rp. 22,89 Milyar untuk SMP dan telah didistribusikan kepada masing-masing rekening sekolah baik SD maupun SMP.***

Comment here