BeritaHeadline

KEMENAG SLEMAN HIMBAU MASYARAKAT IBADAH RAMADHAN DI RUMAH MASING-MASING

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman menghimbau masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Sleman, Saban Nurani dalam jumpa pers di Pendopo Parasamya Setda Sleman, Rabu (15/4).
Saban Nurani mengatakan bahwa himbauan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Kanwil Kemenag DIY mengenai panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi wabah Covid 19.
Dalam himbauannya, Saban Nurani menjelaskan beberapa hal yaitu diantaranya selama menjalankan ibadah puasa, masyarakat dihimbau untuk melaksanakan sahur dan buka puasa hanya dilakukan individu atau bersama keluarga di rumah.

“Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti tidak perlu sahur on the road atau buka puasa bersama (di luar rumah),” katanya.

Selain itu, dalam menjalankan salat tarawih dan tadarus Al-Qur’an, masyarakat juga dihimbau untuk melaksanakannya di rumah masing-masing.
Sementara untuk kegiatan buka puasa bersama yang kerap dilakukan lembaga Pemerintah maupun swasta, dihimbau untuk ditiadakan selama pandemi wabah Covid 19.
Dalam kesempatan tersebut, Saban Nurani juga mengatakan bahwa seluruh himbauan tersebut sangat perlu diperhatikan seluruh masyarakat. Akan tetapi, menurutnya himbauan tersebut bisa ditinggalkan jika kondisi dinyatakan telah kondusif oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini Gubernur DIY atau Bupati Sleman.***(Bag.Humas)

Comment here