Berita

Humas Sleman Selenggarakan Forkom Keprotokolan

 

 

 

 

 

Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman menggelar acara Forum Komunikasi Keprotokolan, bertempat di Aula lantai III Setda Sleman. Acara tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 23-25 Oktober 2017. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk memberikan pemahaman terkait standar penyelenggaraan keprotokolan di lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumadi, SH. MH. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Arif Haryono, SH, menyambut baik atas diselenggarakannya acara tersebut. Menurutnya acara seperti ini perlu diadakan mengingat intensitas kegiatan dan penerimaan tamu di Kabupaten Sleman yang begitu tinggi. Acara tersebut, lanjutnya, tentu tidak bisa terlepas dari keprotokolan. Karena setiap kegiatan yang bersifat resmi yang menyangkut hubungan antar instansi negara maka harus memenuhi standar tersentu yang secara umum disebut dengan keprotokolan. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa fungsi dari keprotokolan adalah untuk menjaga martabat dan harga diri suatu lembaga negara. “Menjalankan fungsi keprotokolan, berarti menjaga citra dan harga diri negara,” jelasnya.

Sementara itu, Dra. Sri Winarti selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman mengatakan ada tiga hal yang melatar-belakangi diselenggarakannya acara tersebut. Yang pertama, menurutnya penyelenggaraan keprotokan di Kabupaten Sleman, dari lingkup Pemerintah Daerah hingga desa masih belum maksimal, cenderung seadanya dan belum terkoordini secara terpadu. Yang kedua, menurutnya penyelenggaraan keprotokolan tidak dapat hanya bergantung pada aparat di Sub Bagian Keprotokolan di Pemerintah Daerah, tapi memerlukan dukungan dari seluruh instansi baik lingkup kecamatan maupun desa. Yang ketiga, Penyelenggaraan Keprotokolan dibutuhkan aparat yang memahami standar protokoler dan pribadi yang memadai, karean penyelenggaraan keprotokolan menuntut kesempurnaan yang optimal.

Forum Komunikasi Keprotokolan tersebut diikuti oleh 60 orang pegawai dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Adapun narasumber pada acara Forum Komunikasi Keprotokolan tersebut diantaranya Kepala Bagian Protokol DIY, Tim Ardana Development and Community Training Yogyakarta, dan Kasubag Protokol bagian Humas dan Protokol UGM.   

 

Comment here