Uncategorized

Dari Operasi Miras 2 Hari Ditemukan 461 Barang Bukti

Sesuai dengan Perda Kab. Sleman Nomor 8 Tahun 2007 tentang pelarangan pengedaran, penjualan dan penggunaan minuman beralkohol, Bab IV Pasal 19 ayat (1) disebutkan bahwa setiap orang atau badan yang melakukan kegiatan usaha pengedaran dan atau penjualan minuman beralkohol golongan A wajib memiliki SIUP. Sedangkan pada Pasal 19 ayat (2) disebutkan bahwa setiap orang atau badan yang melakukan usaha pengedaran dan atau penjualan minuman beralkohol golongan B dan C wajib memiliki SIUP MB. Tanpa ada SIUP tersebut berarti ilegal. Untuk itulah dilakukan penertiban sebagai antisipasi maraknya peredaran miras ilegal. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi operasi Penegakan Perundang- undangan Dinas Pol PP Rusdi Rais, SH saat pelaksanaan operasi miras di daerah Depok, Rabu 27 Juni 2012.

Lebih lanjut disampaikan Rusdi bahwa masyarakat terutama penjuaL miras hendaknya sadar bahwa hal tersebut akan merusak generasi muda, dan diharapkan untuk beralih profesi lain yang lebih halal dan mulia, terlebih dengan beredarnya miras akan berakibat banyak, misalnya kerusuhan dll.

lebih lanjut disampaikan bahwa sesuai dengan Bab VI pasal 30 maka setiap orang atau badan yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 5, 10, 13, 17, dan pasal 18 diancam pidana kurungan selama-lamanya 1(satu)bulan, atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah). Begitu pula pelanggaran pada pasal-pasal yang lain bisa diancam pidana kurungan selama 2 sampai 3 bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 10.000.000,00 – Rp. 40.000.000,00. Untuk itulah diharapkan masyarakat agar tidak menjual dan memperdagangkan barang-barang tersebut.

Sementara untuk operasi selama dua hari Senin dan Selasa kemarin mendapatkan 461 barang bukti, antara lain berupa : Vodka, Topi Miring, Anggur Merah, Anggur Kolesom, dll. Dan untuk operasi yang berlangsung Rabu 27 juni 2012 dengan sasaran di sekitar Jl Moses Gatotkaca mendapatkan 36 botol berbagai merek dan satu drigen isi 5 liter ciu. Sedang untuk operasi di Selokan Mataram Seturan mendapatkan barang bukti berupa Vodka, Anggur Merah, Anggor Kolesom yang jumlahnya mencapai 217 botol. Uniknya ciu tersebut untuk mengelabuhi petugas dikemas dalam botol minuman Big Cola dan Aqua kemasan 600 ml. Dalam operasi yang berlangsung selama 3 hari tersebut para penjulan/tersangka tindak pidana ringan tersebut akan menjalani siding pada Jumat 29 Juni 2012. Dari para tersangka tersebut hampir semuanya muka lama yang sudah sering menjual miras.

Comment here