Berita

54 Pejabat PPID Telah Dikukuhkan

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengukuhkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), PPID Pembantu dan Sekretariat PPID tahun 2017, Rabu (3/5), di Aula lantai 3 Kantor Bupati Sleman. PPID mempunyai tanggung jawab untuk melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dengan pengukuhan tersebut, Sri Purnomo berharap Pengelolaan Informasi Publik dapat tersampaikan dengan sebaik-baiknya dan sejelas-jelasnya, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Publik. Sehingga nantinya para peserta sosialisasi, yang merupakan ujung tombak pengelolaan informasi publik di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Sri Purnomo juga menyampaikan bahwa keterbukaan informasi manjadi bagian dari hak masyarakat yang dilindungi dan dijamin oleh UUD.  Dengan keterbukaan informasi tersebut, maka masyarakat dapat menjadi salah satu agen kontrol terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan. Menurutnya, segala kemungkinan tindakan distorsi kebijakan dan penyelewengan dalam pembangunan dan pemerintahan, dapat dicegah melalui keterbukaan informasi, karena masyarakat ikut serta mengawasi dan berpartisipasi. Meskipun begitu Bupati Sleman

“Dalam memaknai keterbukaan informasi, harus tetap menjungjung koridor hukum, proposional, dan bertanggung jawab. Jangan sampai, keterbukaan informasi disalahartikan dan disalahgunakan untuk kepentingan sepihak, segolongan, atau pribadi. Kata Sri Purnomo

Pada kesempatan tersebut ada sebanyak 54 orang yang dikukuhkan menjadi PPID, PPID Pembantu dan Sekretaris PPID, diantaranya 1 orang PPID, 48 orang PPID Pembantu dan 5 orang Sekretaris PPID.

 

Comment here