Berita

117 Sertifikat Huntap Diserahkan

Sebanyak 117 sertifikat tanah huntap korban erupsi Merapi tahun 2010 telah diserahkan secara simbolis oleh bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, MSI Kamis 15 Januari 2015 di Pendopo Kecamatan Cangkringan . Hadir pada penyerahan sertifikat tersebut antara lain , Kepala BPN Sleman Drs. Suwito, SH, M.Kn, Plt. Camat Cangkringan Edi Harmana, SH, Kepala Desa Argomulyo Darjono , Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto dll.
Bupati Sleman pada kesempatan tersebut antara lain menyampaikan bahwa sebanyak 117 Sertifikat untuk warga huntap kurban erupsi merapi 2010 telah diserahkan tersebut berarti tanah tersebut sudah mempunyai kekuatan hukum. Dengan diserah-terimakannya sertifikat tanah ini, warga masyarakat memiliki kepastian hukum akan hak-hak atas kepemilikan tanah yang dimilikinya. Dengan dimilikinya dokumen sertifikat tanah, maka status kepemilikan tanah menjadi jelas karena memiliki kekuatan yuridis dalam perlindungan hak kepemilikannya. Selain itu program pensertifikatan ini juga merupakan upaya untuk menertibkan administrasi pemerintahan khususnya dibidang pertanahan serta mengendalikan laju perubahan peruntukan lahan, khususnya lahan pertanian.
Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan kebutuhan masyarakat akan tanah, sebagai rumah tempat tinggal, tempat usaha dan dan jasa, penataan kepemilikan dan pengelolaan tanah  merupakan suatu keharusan. Selama ini, Pemkab. Sleman telah berusaha mengendalikan perubahan lahan pertanian, salah satunya dengan memasang papan pengumuman tentang pelarangan pengalihan fungsi lahan.
Sedangkan Kepala BPN Sleman Drs. Suwito,SH.M.Kn antara lain menyampaikan bahwa sertifikat untuk kecamatan cangkringan yang sudah jadi , yang terdiri desa Kepuharjo ada 516, Umbulharjo 185, Glagaharjo 310, Wukirsari 331 dan Argomulyo ada 260, sementara yang belum jadi untuk seluruh kecamatan cangkringan ada 413 sertifikat. Ditambahkan pula bahwa sertifikat konsolidasi yang sudah jadi untuk Desa Umbulharjo dan Kepuharjo ada 1.687 yang terdiri Pangukrejo 486, Pelemsari 167,Kopeng 2015, Jambu 230, Kaliadem 292 dan Petung 325.
Sleman, 15 Januari 2015
Kepala Bagian Humas
Dra. Sri Winarti

Comment here