BeritaHeadline

SOSIALISASI GERMAS BAGI PERANGKAT DESA DI WILAYAH KABUPATEN SLEMAN

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman selenggarakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bagi perangkat Desa di wilayah Kabupaten Sleman, Senin (16/12).

Pelaksanaan sosialisasi GERMAS bagi perangkat Desa ini berlangsung di Komplek Rumah Dinas Bupati Sleman dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Centre For Behavior and Promotion (CHBP) Fakultas Kedokteran UGM, Supriyati dan dua narasumber pewakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Prianatama dan Novita Krisnaeni.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Iriansyah dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi GERMAS bagi perangkat desa merupakan implementasi sebagaimana tercantum dalam intriksi Presiden Nomor 1 Tahun 2007 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

‚ÄúSebagaimana intruksi Presiden dalam kebijakannya yang ditindaklanjuti dengan SK Bupati No.6.9/Kep.KDH/A/2018, kegiatan sosialisasi GERMAS mencakupi 6 ruang lingkup kegiatan GERMAS,‚ÄĚ katanya.

Lebih lanjut, Iriansyah menjelaskan ruang lingkup yang menaungo kegiatan GERMAS tersebut diantaranya peningkatan aktivitas fisik, peningkatan hidup bersih dan sehat, penyediaan [angan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan, pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta, pengingkatan edukasi hidup sehat.

Dalam merealisasikan ruang lingkup tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya melakukan sosialisasi melalui berbagai sektor, salah satunya melalui perangkat desa yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

Iriansyah juga menuturkan bahwa dalam sosialisasi tersebut, perwakilan dari masing masing Desa diberikan materi berkaitan dengan implementasi kebijakan GERMAS, gaya hidup sehat dan lebih khusus terkait dengan Tuberkolosis (TB).***(Bagian Humas)

Comment here