BeritaHeadline

PUBLIKASIKAN FESTIVAL 7 CANDI, HUMAS SELENGGARAKAN JUMPA PERS

Bertempat di Press Room Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Sleman, pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 di selenggarakan jumpa pers. Jumpa pers kali ini untuk mempublikasikan pelaksanaan Festival Seni Kawasan Candi (Festival 7 Candi). Bertindak sebagai narasumber dalam jumpe pers tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara, SH, M.Hum.

HY Aji Wulantara, SH, M.Hum menuturkan bahwa pelaksanaan festival 7 candi tersebut akan dilaksanakan Jum’at 25 Oktober 2019 hingga Kamis 31 Oktober 2019 di 7 Kawasan Candi yakni Candi Barong – Candi Ijo – Candi Sari – Candi Kalasan – Candi Sambisari – Candi Kedulan – Candi Banyunibo. Lebih lanjut HY Aji Wulantara, SH, M.Hum menjelaskan bahwa konsep pengembangan kebudayaan di Kabupaten Sleman didasarkan pada konsep “Kiblat Papat, Lima Pancer” yang menekankan pada keseimbangan penyebaran pada semua arah mata angin dengan berbagai dinamika perkembangannya. Sisi Utara dengan ikon Gunung Merapi, Upacara Adat Labuhan Merapi, Upacara Adat Tunggularum Sisi Selatan dengan ikon Pesanggrahan Gunung Gamping sebagai cikal bakal berdirinya Kraton Ngayogyakarta . Sisi Timur dengan ikon kesejarahan masa lampau dengan berbagai peninggalan candi (Prambanan, Kalasan, Candi Sambisari, Candi Ijo, dll). Sisi Barat dengan ikon keberadaan masyarakat dengan latar belakang agraris-agamis Pusat/Tengah dengan ikon sejarah pemerintahan Kabupaten Sleman.

HY Aji Wulantara, SH, M.Hum mengatakan bahwa Festival Seni Kawasan Candi ini diselenggarakan untuk kedua kalinya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar potensi candi yang merupakan kekayaan sejarah masa lalu diwujud-nyatakan dengan perilaku budaya masyarakat yang lebih mengedepankan pada nilai-nilai mencintai alam dan lingkungan, religiusitas dan harmonisasi dalam seluruh dimensi kehidupan. Adapun yang menjadi tme festival 7 candi ini adalah “Pendayagunaan candi untuk mewujudkan masyarakat Sleman yang berbudaya”. *** (Bag Humas dan Protokol)

Comment here