BeritaHeadline

Setda Adakan Konsinyering Hasil Input Aplikasi E-Proda (Aplikasi Sirup Lokal)

Bertempat di ruang Rapat Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kabupaten Sleman, pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 dilaksanakan konsinyering hasil input E-Proda yang telah dilakukan oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Sleman. Konsinyering dilakukan untuk mempercepat input E-Proda bagi OPD yg belum mengumumkan lebih dari 50% anggarannya.

Untuk mendukung percepatan proses entri pengadaan barang dan jasa oleh OPD, Pemkab Sleman mulai tahun 2019 mulai menggunakan aplikasi E-Proda (Aplikasi Sirup Lokal) yang terintegrasi dengan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan milik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Sirup LKPP nasional).

Dari hasil konsinyering dikatehui bahwa sampai dengan akhir triwulan 1, baru sebanyak 55% anggaran yang sudah diumumkan melalui aplikasi E-Proda. Melalui aplikasi E-Proda ini juga diketahui bahwa belum semua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OPD memahami prinsip-prinsip dasar pengadaan barang/jasa.

Adapun manfaat atau keuntungan penggunanan aplikasi E-Proda tersebut diantaranya :

  1. Dapat diketahui kegiatan dan pagu anggaran yang diumumkan melalui Aplikasi Sirup.
  2. Memudahkan monitoring terhadap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang sudah maupun belum mengumumkan pengadaan barang/jasa, baik swakelola maupun penyedia.
  3. Memudahkan monitoring paket pengadan barang/jasa, dari jadwal, pagu, jenis dan metode pengadaannya. * * * (Bag. Pengadaan Barang/Jasa)

Comment here