BeritaHeadline

KENALKAN POTENSI KECAMATAN PAKEM, HUMAS AJAK WARTAWAN PRESS TOUR

Pada hari Selasa, tanggal 17 Desember 2019, Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman menyelenggarakan press tour ke Kecamatan Pakem. Kegiatan press tour ini merupakan upaya Pemkab Sleman dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di wilayah kecamatan.

Kegiatan press tour di wilayah Kecamatan Pakem tersebut mengambil lokus Unit Pelaksana Tugas Balai Penyuluh Pertanian, Pangan, dan Perikanan (UPT BP4) Pakem Sleman, desa wisata pertanian Dusun Samberembe, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Sleman  serta  Kawasan Kaliurang.

 Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Sleman Heru Saptono  STP, MM menyampaikan bahwa BP4 Pakem Sleman telah dikukuhkan sebagai pilot project program Center of Education (CoE). Upaya tersebut untuk menjadikan BP4 sebagai pusat pembelajaran, dan pendidikan formal usaha tani bagi penyuluh, pelaku usaha, dan masyarakat umum. Program tersebut dapat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menjalankan usaha tani. Sehingga ke depannya akan mendorong produksi dan produktivitas hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan petani.

Selain ke BP4 Pakem, para wartawan juga berkesempatan untuk menunjungi Desa Wisata Pertanian di Dusun Samberembe, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Konsep yang di usung adalah Kampung Mina Padi. Niat serius mewujudkan gagasan desa wisata pertanian mina padi tersebut diawali dengan menjadi tuan rumah Pekan Daerah Petani Nelayan Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA-KTNA) tingkat DIY tahun 2019. Forum pertemuan petani nelayan ini berlangsung selama tanggal 7-12 Juli 2019.

Untuk produk yang bisa dibawa pulang pengunjung, diantaranya berbagai hasil budidaya hortikultura seperti aneka cabai, semangka, melon, timun, buncis, kacang panjang, terong, tomat, gambas, pare, labu air, labu botol, labu golden mama dan jagung.

Menjelang liburan Natal dan tahun baru 2020, di Tlogoputri, obyek wisata Kaliurang  akan menampilkan Jathilan Rampak Buto selama 32 jam non stop, mulai pukul 08.00 WIB. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si  menuturkan bahwa  kegiatan tersebut dalam rangka – Festival Merapi yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Desember 2019. Selanjutnya mulai 22 Desember 2019 sampai dengan 7 Januari 2020, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga akan mengadakan Festival Lampion dan Penjor di kawasan Kaliurang. Tema Festival Lampion dan Penjor kali ini adalah Superhero. Festival ini akan diikuti oleh 22 RT yang ada di kawasan Kaliurang. Festival Lampion dan Penjor ini memperebutkan hadiah total 24 juta bagi 5 penampil lampion terbaik dan 5 penampil penjor terbaik. * * * (Bag. Humas)

Comment here